Ageboy Blog: http://ageboy.blogspot.com/2012/04/cara-agar-blog-tidak-bisa-di-copy-paste.html#ixzz24Xr1u9K7 HOT neWs ( Berita Artis ): Festival Anime Asia 2012 " Indonesia Siap "Festival Anime Asia 2012

Rabu, 29 Agustus 2012

Festival Anime Asia 2012 " Indonesia Siap "Festival Anime Asia 2012



Indonesia menjadi  salah satu tuanrumah Anime Festival Asia (AFA) 2012Ini merupakan salah satu event terbesar di Asia Tenggara dan mendatangkan bintang tamu ternama dari negara asal anime, Jepang. Tahun ini AFA akan diselenggarakan di Indonesia, Malaysia,  Singapura. Anime Festival Asia Indonesia (AFA ID) 2012 berlangsung pada 1-2 September 2012, di Jakarta International Expo (JI Expo) Kemayoran Hall A.

Anime adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan film animasi atau kartun Jepang. Kata tersebut berasal dari kata animation yang dalam pelafalan bahasa Jepang menjadi animeshon. Kata tersebut kemudian disingkat menjadi anime. Kebanyakan orang menggunakan kata tersebut untuk membedakan antara film animasi buatan Jepang dan non-Jepang.
 
Acara ini juga akan mempromosikan komik Volt karya komikus Indonesia, Marcellino Lefrandt. Acara ini diselenggrakan oleh Dentsu Indonesia, Skylar Comics,  dan SOZObekerjasama dengan Stromotion (mitra promosi resmi), Trilogy Live (mitra panggung resmi),  dan Animax, Animonster (mitra resmi media regional). 
 
Harris Thajeb, perwakilan dari Dentsu Indonesi, mengatakan, Indonesia tahun ini dipilih menjadi salah satu tuanrumah karena 50 persen pengunjung AFA di Singapura Singapura tahun lalu berasal dari Indonesia . “Sebagian besar cosplayer AFA (Singapura) yang dari Indonesia berasal dari Kota Cirebon ,” kata Harris, seperti yang dikutip dari facebook Anime N Cartoon Community (ANCC), Selasa (28/8).
 
Sarjono Sutrisno, perwakilan Skylar Comics, menambahkan , AFA ID diharapkan menjadi inspirasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengembangkan karyanyaterutama dalam bidang budaya kontemporer, termasuk konten visual seperti animasi dan komik. “AFA ID juga akan mempomosikan Volt sebagai komik karya anak indonesia,” kata Sardjono.  “Volt adalah pahlawan super yang membela kebenaran dengan tetap membawa nilai-nilai bangsa Indonesia. Diharapkan bisa bersaing dengan komik-komik lainnya termasuk dari Jepang”.
 
Sedangkan Shawn Chin,  perwakilan SOZO selaku pemilik Anime Festival Asia, menceritakan sejarah dan pencapaian AFA setelah lima tahun berlangsung rutin di Singapura, termasuk yang baru diadakan tahun ini di Malaysia. “ AFA  Singapore 2011 berhasil menjaring 81 ribu lebih pengunjung dalam tiga hari, dan AFA MY 2012 menjaring 40 ribu lebih pengunjung dalam dua hari,” kata Shawn.
 
Dalam AFA ini tersedia berbagai macam hal untuk para penggemar budaya pop Jepang, seperti cosplay atau kostum, Anime Screening, Akiba Town, dan Anisong Concert.
 
Untuk kompetisi cosplay, AFA ID berkolaborasi dengan CLAS:H dan pemenang kompetisi cosplay AFA IDakan dikirim sebagai perwakilan untuk Regional Cosplay Competition di AFA Singapura. Untuk juri, AFA IDmemanggil KANAME, yang tak asing lagi untuk para cosplayer. Juri berikutnya adalah Akatsuki Tsukasa,cosplayer yang selalu berada di posisi tiga besar untuk cosplay wanita terbaik di seluruh dunia. Juga ada juri dari Indonesia yaitu Richfield yang selalu tampil dengan kostum yang luar biasa.
 
Untuk Anime Screening,  AFA ID akan menayangkan dua episode terbaru dari Eureka Seven AO bekerja sama dengan Animax. Untuk pemutaran Eureka Seven AO ini,  akan mendatangkan tamu spesial.
 
Ada juga setting yang menyerupai Akiba Town. Pengunjung bisa mencicipi rasanya kota Akihabara yang terkenal di antara para penggemar budaya pop Jepang. Dalam Akiba Town ini juga akan terdapat Moe Moe Kyun Maid Cafe dan Atelier Royale Butler Cafe yang terkenal di sana.
 
Pengunjung juga akan dihibur oleh sejumlah bintang Jepang dalam Anime Song Contest. Hari pertama, pengunjung akan menikmati penapilan 7!! ,  Bless4 + Akino, Ichiro Mizuki, dan LISA. Hari kedua pengunjung bisa menyaksikan penampilan Angela, KOTOKO, Sea*A, dan STEREOPONY.



Tidak ada komentar: